Sabtu, 16 Januari 2016

Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 2

ADVERTISEMENT

Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 2



1. Jelaskan dasar pemikiran lahirnya kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia!

Jawaban : Landasan Ideal dalam pelaksanaan politik luar negeri Indonesia adalah Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan sebagai pedoman, pijakan dalam melaksanakan politik luar negeri Indonesia. Mohammad Hatta menyebutnya sebagai salah satu faktor yang membentuk politik luar negeri Indonesia. Kelima sila yang termuat dalam Pancasila, berisi pedoman dasar bagi pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara yang ideal dan mencakup seluruh sendi kehidupan manusia. Hatta lebih lanjut mengatakan, bahwa Pancasila merupakan salah satu faktor objektif yang berpengaruh atas politik luar negeri Indonesia. Hal ini karena Pancasila sebagai falsafah negara mengikat seluruh bangsa Indonesia, sehingga golongan atau partai politik manapun yang berkuasa di Indonesia tidak dapat menjalankan suatu politik negara yang menyimpang dari Pancasila.


2. Jelaskan kaitan antara pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif Indonesia dengan isi dari Pembukaan UUD 1945!



Jawaban : Sedangkan landasan konstitusional dalam pelaksanaan politik luar negeri Indonesia adalah Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea pertama “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan” dan alinea keempat”…. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial….”.

Tujuan politik luar negeri bebas aktif adalah untuk mengabdi kepada tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang menyatakan: “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial….” Kemudian agar prinsip bebas aktif dapat dioperasionalisasikan dalam politik luar negeri Indonesia, maka setiap periode pemerintahan menetapkan landasan operasional politik luar negeri Indonesia yang senantiasa berubah sesuai dengan kepentingan nasional.

3. “Konsep politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif merupakan gambaran dan usaha Indonesia untuk membantu terwujudnya perdamaian dunia”. Kaitkan pernyataan tersebut dengan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. Lakukan analisis!

Jawaban : Sejak awal kemerdekaan hingga masa Orde Lama, landasan operasional dari politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif sebagian besar dinyatakan melalui maklumat dan pidato-pidato Presiden Soekarno. Beberapa saat setelah kemerdekaan, dikeluarkanlah Maklumat Politik Pemerintah tanggal 1 November 1945 yang isinya adalah; politik damai dan hidup berdampingan secara damai; tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri negara lain; politik bertetangga baik dan kerjasama dengan semua negara di bidang ekonomi, politik dan lain-lain; serta selalu mengacu pada piagam PBB dalam melakukan hubungan dengan negara lain.

4. Jelaskan dinamika arah politik luar negeri Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin!

Jawaban : Selanjutnya pada masa Demokrasi Terpimpin 1959-1965 landasan operasional politik luar negeri Indonesia adalah berdasarkan UUD 1945 yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea pertama, pasal 11 dan pasal 13 ayat 1 dan 2 UUD 1945, Amanat Presiden yang berjudul “Penemuan Kembali Revolusi Kita” pada 17 Agustus 1959 atau dikenal sebagai “Manifesto Politik Republik Indonesia”.

5. Jelaskan peran serta Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, sebagai bentuk kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif, pada masa Orde Baru!

Jawaban : 

Dalam Ketetapan MPR tanggal 22 Maret 1973 2 dan 3 :

2. Mengambil langkah-langkah untuk memantapkan stabilitas wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya, sehingga memungkinkan negara- negara di wilayah ini mampu mengurus masa depannya sendiri melalui pembangunan ketahanan nasional masing-masing, serta memperkuat wadah dan kerjasama antara negara anggota perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara;

3. Mengembangkan kerjasama untuk maksud-maksud damai dengan semua negara dan badan-badan internasional dan lebih meningkatkan peranannya dalam membantu bangsa-bangsa yang sedang memperjuangkan kemerdekaannya tanpa mengorbankan kepentingan dan kedaulatan nasional.

6. Buatlah perbandingan dalam hal penerapan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia yang dilakukan pada masa Presiden B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putrid an Susilo Bambang Yudhoyono.

Jawaban : Pada masa awal reformasi yang dimulai oleh pemerintahan Presiden B.J.Habibie, pemerintah Habibie disibukkan dengan usaha memperbaiki citra Indonesia di kancah internasional yang sempat terpuruk sebagai dampak krisis ekonomi di akhir era Orde Baru dan kerusuhan pasca jajak pendapat  di Timor-Timur. Lewat usaha kerasnya, Presiden Habibie berhasil menarik simpati dari Dana Moneter Internasional/International Monetary Funds (IMF) dan Bank Dunia untuk mencairkan program bantuan untuk mengatasi krisis ekonomi.

Pada masa pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid, hubungan RI dengan negara-negara Barat mengalami sedikit masalah setelah lepasnya Timor- Timur dari NKRI. Presiden Wahid memiliki cita-cita mengembalikan citra Indonesia di mata internasional. Untuk itu beliau banyak melakukan kunjungan kenegaraan ke luar negeri. Dalam setiap kunjungan luar negeri yang ekstensif, selama masa pemerintahan yang singkat Presiden Wahid secara konstan mengangkat isu-isu domestik dalam setiap pertemuannya dengan setiap kepala negara yang dikunjunginya. Termasuk dalam hal ini, selain isu Timor-Timur, adalah soal integritas tertorial Indonesia seperti kasus Aceh, Papua dan isu perbaikan ekonomi.

Megawati dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada tanggal 23 Juli 2001. Pada awal pemerintahannya, suasana politik dan keamanan menjadi sejuk dan kondusif. Walaupun ekonomi Indonesia mengalami perbaikan, seperti nilai tukar rupiah yang agak stabil, tetapi Indonesia pada masa pemerintahannya tetap saja tidak menunjukkan perubahan yang berarti dalam bidang-bidang lainnya.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dilantik menjadi Presiden ke-6 Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2004. SBY merupakan Presiden Indonesia pertama yang dipilih melalui mekanisme pemilihan umum secara langsung. SBY berhasil mengubah citra Indonesia dan menarik investasi asing dengan menjalin berbagai kerjasama dengan banyak negara pada masa pemerintahannya, antara lain dengan Jepang. Perubahan-perubahan global pun dijadikannya sebagai peluang. Politik luar negeri Indonesia di masa pemerintahan SBY diumpamakan dengan istilah ‘mengarungi lautan bergelombang’, bahkan ‘menjembatani dua karang’. Hal tersebut dapat dilihat dengan berbagai insiatif Indonesia untuk menjembatani pihak-pihak yang sedang bermasalah. Indonesia tidak pandang bulu bergaul dengan Negara manapun sejauh memberikan manfaat bagi Indonesia.

7. Dalam konteks Perang Dingin pada masa kini sudah tidak ada lagi, masihkan diperlukan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif oleh Indonesia? Mengapa? Buat analisis!

Jawaban : Masih di perlukan demi menjaga perdamaian dan juga keamanan Negara.

Baca Juga:



Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 2Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 103 Kelas 12 Semester 2
soal bahasa indonesia kelas 4 semester 2 dan kunci jawaban
soal bahasa indonesia kelas 5 semester 2 dan kunci jawaban
soal bahasa indonesia kelas 6 semester 2 dan kunci jawaban
soal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban
soal bahasa indonesia kelas 7 semester 2 dan kunci jawaban
soal bahasa indonesia kelas 7 semester 2 beserta kunci jawaban
soal uts bahasa indonesia kelas 5 semester 2 dan kunci jawaban
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96
Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia
soal sejarah kelas xi ips dan kunci jawaban
soal sejarah kelas xii ips beserta kunci jawaban
j.p coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan voc di indonesia
uji kompetensi halaman 59 sejarah indonesia
mengapa voc dikatakan sebagai negara dalam negara
jelaskan dampak tanam paksa bagi bangsa indonesia
mengapa pemerintahan komisaris jenderal mengambil kebijakan jalan tengah
jelaskan posisi kepulauan maluku dalam perdagangan internasional abad ke 15 sampai abad ke 17
Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas 12 Part 2
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 88
kunci jawaban pkn halaman 98 kelas 12
kunci jawaban pkn kelas xii
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 70
kunci jawaban pkn halaman 101 kelas 12
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 75
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 56
kunci jawaban pkn halaman 46 kelas 12
Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas 12 Part 3
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 88
kunci jawaban pkn halaman 88
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 83
jawaban pkn halaman 83 kelas 12
kunci jawaban pkn halaman 98 kelas 12
kunci jawaban pkn halaman 105 kelas 12
kunci jawaban pkn halaman 101 kelas 12
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 141
Kunci Jawaban PKN Halaman 204 Kelas 12
kunci jawaban pkn kelas 12 penerbit erlangga
kunci jawaban pkn halaman 14
kunci jawaban pkn halaman 62
kunci jawaban pkn kelas xii
kunci jawaban pkn kelas xi
kunci jawaban pkn kelas 7
kunci jawaban pkn kelas 4
kunci jawaban pkn kelas 8
Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1
soal sejarah tentang kolonialisme dan imperialisme
soal sejarah kelas xi dan kunci jawaban
soal sejarah dan kunci jawaban
soal sejarah kelas xi ips semester 1 beserta jawaban
soal sejarah kelas xi semester 1 beserta jawabannya
soal sejarah kelas xii ips semester 1 dan kunci jawaban


ADVERTISEMENT
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 2

0 komentar:

Posting Komentar